Halaman

Sabtu, 12 November 2016

Blender



BLENDER
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video dan rendering.

Blender dibuat dan dikembangkan oleh NeoGeo pada tahun 1995 yang didirikan oleh Ton Roosendaal,  dan pada tahun 1998 Ton Roosendaal mendirikan perusahaan bernama Not a Number (NaN) untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh lagi dan pada tahun 2001 NaN merilis apllikasi pertamanya yang bernama Blender Publisher , namun angka penjualan yang sangat kecil membuat NaN akhirnya ditutup. Lalu pada tahun 2002 Ton Roosendaal mendirikan sebuah organisasi non profit yang bernaman Blender Foundation, blender akhirnya  di rilis pada tahun 2002 dibawah aturan GNU General Public License. Blender dibuat menggunakan bahasa pemrograman C, C++ dan Python.

Berikut ini merupakan tampilan awal ketika kita membuka Blender

Kelebihan Blender :
1.      Open Source artinya Blender dapat kita modifikasi source codenya secara bebas untuk keperluan pribadi maupul komersial , asalkan mengikuti aturan dan tidak melanggar GNU General Public License yang digunakan blender
2.      Multi Platform artinya dapat digunakan lintas system operasi , seperti Windows, Linux dan MacOS
3.      Free Blender merupakan aplikasi digital cinema yang gratis dan legal
4.      Lengkap Blender memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya, seperti fitur Video Editing , Game Engine, Node Compositing dan Sculpting.
5.      Ringan Blender relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih lambat. Oleh karena itu , kartu grafis seperti NVIDIA ataupun AMD
6.      Komunitas Terbuka Tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute.

Source :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar