Halaman

Senin, 10 Oktober 2016

Google Project Tango


Google Project Tango

Apa itu google project tango ?
Ia adalah sebuah project yang dibuat oleh google sebagai proyek pemetaan ruangan maupun pekerjaan visual lain dan merupakan sebuah platform teknologi yang mengandalkan computer vision agar smartphone mampu mendeteksi posisinya sendiri di dunia nyata, tanpa perlu bantuan GPS ataupun sinyal lain yang bersifat eksternal. Teknologi tersebut bisa digunakan untuk menangkap gambar tiga dimensi (3D) dari ruangan yang dipindai oleh sensor.

Bagaimana system Project Tango bekerja ?

“Six degrees of freedom”
Teknologi Project Tango memiliki tiga pondasi utama, yakni motion tracking, area learning, dan depth perception.
Motion tracking mengacu pada kemampuan perangkat untuk mendeteksi gerakannya sendiri saat melintasi ruang tiga dimensi.
Untuk melakukan motion tracking, Project Tango mengandalkan gyroscope, accelerometer, dan kamera khusus dengan lensa wide-angle (fisheye) untuk menambah informasi visual. Kamera ini diperlukan agar perangkat bisa memperkirakan rotasi dan akselerasi linear dengan lebih akurat.
API Project Tango pun mampu menyajikan informasi posisi dan orientasi perangkat dalam “six degree of freedom” alias pergerakan bebas ke segala arah dalam ruang tiga dimensi.


           Wikipedia Ilustrasi six degrees of freedom . Selain pergerakannya sendiri, perangkat Project Tango juga mampu mendeteksi obyek-obyek di lingkungan sekitar, termasuk jaraknya, dengan kemampuan depth perception. Dalam melakukan depth perception, perangkat bisa mengandalkan proyektor dan sensor infra merah (IR), mirip dengan cara kerja controller Xbox Kinect yang juga memiliki depth sensor.
Dengan motion tracking dan depth perception, perangkat mampu mendeteksi posisi dirinya sendiri dan obyek-obyek di lingkungan sekitar, tapi tak mampu “mengingat” apa yang dilihatnya.
Karena itulah Project Tango menambahkan satu fungsi lagi yang bernama area learning, yakni kemampuan perangkat untutk mengenali ciri-ciri fisik dari lingkungan sekitar yang pernah dikunjungi, untuk dipelajari dan “diingat” kembali di kemudian waktu.

Untuk mengetahui lebih lanjut seperti apa project tango , mari kita lihat video dibawah ini :

Dari video di atas menunjukan bahwa project tango merupakan project google yang ingin mengedepankan kemajuan teknologi Augmented Reality yang hadir di dalam smartphone , sehingga benda apapun yang kita inginkan seolah-olah berada di depan kita. Dengan kemajuan teknologi tersebut , akan sangat bermanfaat didalam dunia pendidikan , marketing , maupun game , salah satunya yaitu marketing property contohnya yaitu kita dapat menentukan letak barang yang cocok dirumah kita , baik itu dari segi ukuran , warna maupun kualitas , sehingga memudahkan kita dalam memiilih barang nya terlebih dahulu dan diaplikasikan lewat Augmented Reality tersebut.
Smartphone yang ada dalam video tersebut adalah smartphone Lenovo Phab 2 Pro , Google bekerja sama dengan Lenovo. Lenovo Phab 2 Pro dibekali “senjata” khusus supaya bisa mendukung project tango itu sendiri , yaitu berupa kamera wide angle dengan sudut pandang selebar 160 derajat, lalu kamera motion tracking untuk mendeteksi gerakan, dan kamera depth sensing untuk melihat kedalaman ruang. Phab 2 Pro turut dibekali kamera konvensional dengan resolusi 16 megapiksel di bagian punggung dan kamera 8 megapiksel di sisi muka. Dengan resolusi yang tinggi maka gambar yang dihasilkan pun akan semakin jernih.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar